Latar Belakang

     Latar Belakang

Permasalahan pertanian saat ini adalah terus berkurangnya lahan pertanian subur atau optimal akibat alih fungsi lahan untuk pemukiman,industri, atau infrastruktur. Berkurangnya luasa lahan optimal merupakan kendala dalan meningkatkan pangan nasional.

Lahan kering umumnya terdapat didataran tinggi yang dicirikan oleh topografinya yang bergelombang dan sangat berpotensi untuk perluasan lahan pertanian, namaun sering dihadapkan pada permasalahan rendahnya kesuburan dan ketersediaan air  dan termasuk dalam lahan suboptimal. Lahan ini mempunyai sifat-sifat fisika, kimia, dan biologi yang tidak optimal untuk pertumbuhan tanaman.

 Optimalisasi lahan suboptimal merupakan tantangan yang perlu diatasi, karena banyak kendala yang akan dihadapi. Upaya yang dapat dilakukan  melalui perbaikan daya adaptasi  dan produktivitas tanaman; optimalisasi sifat fisika, kimia,biologi tanah; pengololaan air; pengembangan sistem budidaya yng produktif-ekologis. Selain itu, pengelolaan ini juga perlu mempertimbangkan agar dicapai juga pertanian berkelanjutan melalui kajian aspek reklamasi lahan dan adaptasi lingkungan, rehabilitas, dan konservasi lahan.

Tujuan

  • Untuk mendapat strategi pengelolaan permasalahan lahan kering untuk meningkatkan produktivitas dan sustainabilitas lahan.
  • Menyebarluaskan hasil penelitiamn atau pemikiran/uylasan tentang pengelolaan lahan kering dari perguruan tinggi maupun lembaga litbang kepada pemangku kepentingan ( stakeholder).
  • Membuka wahana diskusi untuk memberikan alternatif solusi pemecahan masalah lahan kering mencakup perubahan kualitas lahan, pengelolaan lahan, dan pertanian berkelanjutan di Indonesia.

Leaflet Seminar Lahan Kering

Halaman depan leaflet 7

Halaman belakang leaflet 7

 

SEKRETARIAT

Magister Agroekoteknologi Fakulatas Pertanian Universitas Syiah Kuala
Alamat: Tgk. Hasan Krueng Kalee Nomor 3, Kopelma Darussalam, Banda Aceh, Aceh, Indonesia | Kode Pos: 23111 
Telepon: (0651) 7555269 , 7552223 , 7552221 | Faximile: (0651) 7555269 , 7552223
Website: www.magr.unsyiah.ac.id| Email: magr@unsyiah.ac.id

Please publish modules in offcanvas position.